Beranda

Wednesday 10 October 2018

Sistem Tata Surya

SISTEM TATA SURYA

Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendefinisikan Tata Surya
- Menyebutkan anggota Tata Surya




Coba pandangi langit pada malam hari ketika cuaca cerah. Mengagumkan, bukan? Kamu akan melihat bintang berkelipan, bulan yang seolah-olah memancarkan cahaya dan tidak jarang kita bisa melihat meteor. Memandang ke langit membuat kita sadar bahwa Bumi yang kita tempati merupakan bagian kecil dari luasnya alam semesta ciptakan Allah. 
Pada kesempatan kali ini  kita akan membahas tentang sistem tata surya, anggota-anggota tata surya, dan pengaruh peredaran anggota tata surya terhadap kehidupan di bumi.



Secara sederhana, tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari, 8 buah planet, planet-planet kecil, satelit, asteroid, komet, meteor, dan berbagai benda ruang angkasa lainnya. Pusat dari tata surya adalah matahari. Anggota tata surya yang lain beredar mengelilingi matahari. Tata surya kita ini hanyalah satu dari beberapa tata surya lainnya yang berada dalam galaksi bimasakti.

Mengapa benda-benda dalam sistem tata surya mengelilingi matahari? Kekuatan atau gaya apa yang terdapat pada matahari? Benda-benda dalam tata surya tertarik oleh matahari karena gaya gravitasi. Massa matahari sangat besar daripada benda-benda langit di dalam tata surya sehingga matahari memiliki gaya gravitasi yang terbesar. Gaya gravitasi matahari membuat benda-benda langit tertarik ke pusat matahari. Akan tetapi, benda-benda langit yang termasuk ke dalam tata surya, ternyata hanya bergerak mengelilingi matahari dalam lintasan atau orbit tertentu, yakni berbentuk elips.

Tata surya dapat dipandang sebagai sebuah sistem yang secara terstruktur tersusun oleh benda-benda langit yang menjadi anggotanya. Diameter tata surya sekitar 30 tahun cahaya. Tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh oleh cahaya selama setahun, yakni 9,46 triliun km. Benda-benda langit yang membentuk system tata surya terdiri dari; Matahari, planet, satelit, asteroid, meteor, komet, dan benda-benda angkasa lainnya.


Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, yaitu tentang karakteristik tata surya, sebaiknya kalian simak video tentang tata surya berikut ini:




















No comments:

Post a Comment