Untuk mengetahui sejauhmana pemahaman kalian tentang materi kali ini silakan kalian ikuti dan kerjakan kegiatan berikut ini.
A. Diskusi
Jika ada ada materi yang belum jelas
silakan kalian ajukan pertanyaan di Grup PJJ IPA Kelas 7 dengan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Ajukan pertanyaan secara sopan. Setelah pertanyaan diunggah di Grup, silakan
yang lainnya untuk menjawab. Jangan takut salah. Jawab pertanyaan dengan bahasa
yang baik dan sopan. Setiap yang bertanya atau menjawab akan mendapat
nilai. Diskusi dilaksanakan pada saat
jadwal PJJ IPA dengan waktu 1 jam pelajaran.
B. Latihan Soal
Jawab soal-soal berikut (Tulis jawabannya
saja), kemudian kirim jawabannya ke WA (08122319268) hari ini, Rabu, 10 Februari
2021 sebelum pukul 14.30
b.
Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi dinamika populasi suatu ekosistem.
2. Jenis
kelamin penyu ternyata tidak ditentukan secara genetic, melainkan dipengaruhi
oleh suhu lingkungan mereka. Para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan
bahwa semakin panas suhu pasir yang menjadi sarang penyu Loggerhead
memungkinkan telur yang akan menetas berjenis kelamin betina. Jika perubahan
iklim yang terjadi akhir-akhir ini semakin ekstrem dan menyebabkan global
warming sehingga suhu permukaan bumi meningkat, apa yang terrjadi dengan
populasi penyu Loggerhead di kemudian hari?
3. Perhatikan
gambar di bawah ini.
Akhir-akhir ini para petani semakin resah karena tanaman padi mereka dirusak oleh tikus. Jika hama tikus ini tidak segera ditanggulangi maka petani akan mengalami kerugian yang besar dan bisa saja menyebabkan krisis pangan.
a. Menurut kamu, apa yang menyebabkan populasi tikus sawah bertambah besar?
b. Bagaimana cara terbaik menanggulangi hama tikus tersebut?
C.
Tugas Mandiri
Kerjakan soal tugas
mandiri ini (jawabannya saja) pada buku/lembar kertas kemudian foto dan
hasilnya kirim ke WA (08122319268) jangan di Grup PJJ IPA. Batas pengiriman
jawaban sampai dengan hari SABTU, 13 Februari 2021, pukul 15.00.
Pilih
salah satu alternative jawaban yang paling benar.
1. Berikut
ini yang BUKAN merupakan pengertian lingkungan adalah ....
A. Segala sesuatu yang berada di
luar individu
B. Segala sesuatu yang berupa
makhluk tak hidup yang ada di sekitar individu
C. Disusun oleh dua komponen utama
yaitu komponen biotik dan abiotik
D. Bisa berubah – ubah sesuai
dengan kondisi
2. Berikut
ini yang merupakan lingkungan biotik adalah :
A. Jamur,air, ikan
B. Ikan, jamur, rumput
C. Sinar matahari, air, tanah
D. Air, udara, tanah
3. Berikut
ini yang merupakan lingkungan abiotik adalah ;
A. Tumbuhan, belalang, bakteri
B. Kambing, rumput, kucing
C. Sinar matahari, tanah, air,
udara, suhu
D. Udara, air, tumbuhan
4. Andi
menanam 3 buah tanaman yang sama dalam 3 buah pot dengan perlakuan
berbeda;
-Pot A : tidak disiram setiap hari
-Pot B : Disiram setiap hari
-Pot C : Disiram setiap hari dan didalam
tanahnya terdapat beberapa ekor cacing
Menurut
pengamatanmu, pot manakah yang tanamannya dapat tumbuh lebih subur?
A. Pot A
B. Pot B
C. Pot C
D. Semua pot tumbuh subur
5. Jika
di kebun terdapat 1 ekor burung, 15 ekor belalang, 6 ekor katak, dan ada sinar
matahari, maka yang disebut individu adalah . . . .
A. 1 ekor burung
B. 15 ekor belalang
C. 6 ekor katak
D. sinar matahari
6. Rani
mendapat data komponen abiotik dan biotik di halaman sekolahnya sebagai
berikut:
(1) Tanah (6) Bekicot
(2) Kayu (7) Batu
(3) Belalang (8) Semut
(4) Rumput teki (9) Alang-alang
(5) Bunga sepatu (10) Kupu-kupu
Komponen biotik yang dijumpai pada
ekosistem halaman sekolah adalah … .
A. (1), (2) dan (7)
B. (2), (4) dan (7)
C. (3), (5), dan (6)
D. (1), (3) dan (7)
7. Sekumpulan
makhluk hidup yang sejenis pada suatu lingkungan disebut....
A. Komunitas
B. Biosfer
C. Habitat
D. Populasi
8. Tiga
orang peserta didik bernama Ariel, Bunga dan Citra melakukan percobaan untuk mengetahui
apakah terjadi saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik.
Berikut adalah alat dan bahan yang
mereka siapkan beserta cara kerjanya.
Alat dan Bahan:
-
Pot
tanaman 3 buah berlabel A, B, C
-
Media
tanam (Tanah subur)
-
Tiga
tanaman yang sama
-
Cacing
tanah
-
Air
Cara kerja:
1) Tanam
tanaman tersebut pada ketiga pot A, B, C sampai mencapai ukuran tinggi tertentu.
2) Beri
perlakuan yang berbeda selama 1 minggu.
A. Pot
A tidak disiram air selama 1 minggu.
B. Pot
B disiram air secukupnya setiap hari.
C. Pot
C diberikan cacing dan disiram secukupnya setiap hari.
Setelah
pengamatan selama satu minggu, maka pengaruh adanya saling ketergantungan antara
komponen biotik dan abiotik paling terlihat pada ...
A. Pot
A
B. Pot
B
C. Pot
C
D. Ketiganya,
karena menunjukkan pengaruh yang sama
9. Kesimpulan
yang dapat diambil dari percobaan yang dilakukan Ariel, Bunga dan Citra tersebut
adalah ...
A. Dalam
suatu ekosistem, komponen abiotik tidak selalu berpengaruh pada lingkungannya,
namun komponen biotik selalu berpengaruh pada komponen abiotik.
B. Dalam
suatu ekosistem, komponen abiotik selalu berpengaruh pada lingkungannya, namun
komponen biotik tidak selalu berpengaruh pada komponen abiotic
C. Dalam
suatu ekosistem, komponen abiotik sangat berpengaruh pada komponen biotik,
namun komponen biotik tidak berpengaruh pada komponen abiotik.
D. Dalam
suatu ekosistem, komponen abiotik sangat berpengaruh pada komponen biotik,
sebaliknya komponen biotik pun sangat berpengaruh pada komponen abiotik.
Untuk
menjawab soal nomor 10 dan 11 bacalah teks di bawah!
Di
perkebunan singkong milik Pak Bono ternyata hidup hewan lain yang memanfaatkan
ekosistem kebun singkong sebagai tempat hidupnya. Di kebun singkong itu hidup
populasi katak, populasi belalang, dan populasi ular. Interaksi di dalam perkebunan
singkong menjalin hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dan
yang lainnya. Para pekerja perkebunan yang memeriksa kebun singkong setiap hari
menganggap belalang sebagai hama dan sangat mengganggu, sehingga para pekerja
perkebunan membasmi belalang dengan sejumlah pestisida untuk menjaga perkebunan
tetap aman dari hama.
10. Terjadi hubungan saling ketergantungan di perkebunan singkong milik
Pak Bono, salah satu perpindahan energi dapat terjadi dari ...
A.
Rumput – belalang – katak – ular
B.
Rumput – belalang – katak – ular – pekerja perkebunan
C. Tanaman singkong – belalang –
katak – ular
D. Matahari – tanaman singkong –
belalang – katak – ular– pekerja perkebunan
11. Jika belalang dibasmi karena mengganggu pertumbuhan tanaman
singkong, maka masalah yang akan timbul pada rantai makanan di perkebunan
singkong adalah ...
A. Populasi katak meningkat
B. Daun singkong semakin habis
C. Populasi katak menurun
D. Populasi ular meningkat
12. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :
1) ikan karnivora
2) bakteri pengurai
3) Fitoplankton
4) ikan herbivore
5) zat-zat organic
dari
komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya
adalah . . .
A. 2, 5, 3, 4, dan 1
B. 5, 3, 4, 1, dan 2
C. 3, 4, 1, 5, dan 2
D. 5, 3, 4, 2, dan 1
13. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut.
Apabila semua elang pada
jaring-jaring makanan tersebut mati akibat dibunuh oleh
pemburu, yang terjadi pada
ekosistem adalah ...
A. Populasi burung kecil meningkat
B. Populasi katak menurun
C. Populasi ular meningkat
D. Populasi ular menurun
14. Tumbuhan tali putri hidupnya harus pada tanaman lain atau inang.
Lama kelamaan, tanaman inang ini akan mati karena tanaman tali putri ini
hidupnya dengan cara simbiosis …
A. parasitisme
B. mutualisme
C. komensalisme
D. netralisme
15. Apabila Ananda menanam pohon anggrek pada pohon mangga, maka yang
terjadi adalah pohon mangga tidak terganggu dan juga tidak diuntungkan karena
tanaman anggrek hidupnya dengan cara simbiosis …
A. netralisme
B. parasitisme
C. mutualisme
D. komensalisme
16. Perubahan
jumlah populasi makhluk hidup dalam suatu ekosistem dinamakan….
A. interaksi makhluk hidup
B. rantai makanan
C. dinamika populasi
D. arus energi
17. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika populasi,
kecuali ….
A.
interaksi predasi
B.
interaksi kompetisi
C.
interaksi symbiosis mutualisme
D. penebangan liar
18. Dalam
ekosistem sawah burung hantu merupakan predator alami dari tikus sawah. Jika
burung hantu musnah karena diburu manusia, dinamika populasi yang terjadi pada ekosistem
sawah tersebut adalah ….
A.
populasi tikus meningkat
B.
populasi tikus menurun
C.
populasi padi turun
D.
populasi padi tidak berubah.
19. Menurut
penelitian jenis kelamin penyu Loggerhead ditentukan oleh suhu sekitar
lingkungannya. Semakin panas suhu pasir yang menjadi sarang penyu Loggerhead
memungkinkan telur yang akan menetas berjenis kelamin betina. Apa yang terjadi
dengan populasi penyu Loggerhead di kemudian hari jika suhu permukaan bumi
semakin meningkat karena global warming?
A.
semakin banyak penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.
B.
semakin sedikit penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.
C.
semakin sedikit penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.
D.
populasi penyu baik jantan maupun betina semakin meningkat.
20. Berikut ini beberapa makhluk hidup dalam sebuah ekosistem ....
1. ayam 3. elang
2. padi 4. belalang
Urutan
rantai makanan yang dapat terjadi pada makhluk hidup tersebut adalah ....
A. 2 -3 - 4 - 1
B. 2 - 4 - 3 - 1
C. 2 - 4 - 1 - 3
D. 3 - 2 - 4 - 1
No comments:
Post a Comment