Beranda

Tuesday, 9 February 2021

Evaluasi Pembelajaran Dinamika Populasi

 


Untuk mengetahui sejauhmana pemahaman kalian tentang materi kali ini silakan kalian ikuti dan kerjakan kegiatan berikut ini.


 A. Diskusi

 

     Jika ada ada materi yang belum jelas silakan kalian ajukan pertanyaan di Grup PJJ IPA Kelas 7 dengan menggunakan bahasa Indonesia  yang baik dan benar. Ajukan pertanyaan secara sopan. Setelah pertanyaan diunggah di Grup, silakan yang lainnya untuk menjawab. Jangan takut salah. Jawab pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Setiap yang bertanya atau menjawab akan mendapat nilai.  Diskusi dilaksanakan pada saat jadwal PJJ IPA dengan waktu 1 jam pelajaran.




B. Latihan Soal

     Jawab soal-soal berikut (Tulis jawabannya saja), kemudian kirim jawabannya ke WA (08122319268) hari ini, Rabu, 10 Februari 2021 sebelum pukul 14.30

     1.    a. Apa yang dimaksud dengan dinamika populasi?

            b. Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi dinamika populasi suatu ekosistem.

 

2.    Jenis kelamin penyu ternyata tidak ditentukan secara genetic, melainkan dipengaruhi oleh suhu lingkungan mereka. Para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan bahwa semakin panas suhu pasir yang menjadi sarang penyu Loggerhead memungkinkan telur yang akan menetas berjenis kelamin betina. Jika perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini semakin ekstrem dan menyebabkan global warming sehingga suhu permukaan bumi meningkat, apa yang terrjadi dengan populasi penyu Loggerhead di kemudian hari?  

 

3.    Perhatikan gambar di bawah ini.




Akhir-akhir ini para petani semakin resah karena tanaman padi mereka dirusak oleh tikus. Jika hama tikus ini tidak segera ditanggulangi maka petani akan mengalami kerugian yang besar dan bisa saja menyebabkan krisis pangan. 

a.       Menurut kamu, apa yang menyebabkan populasi tikus sawah bertambah besar?

b.    Bagaimana cara terbaik menanggulangi hama tikus tersebut?


C. Tugas Mandiri

Kerjakan soal tugas mandiri ini (jawabannya saja) pada buku/lembar kertas kemudian foto dan hasilnya kirim ke WA (08122319268) jangan di Grup PJJ IPA. Batas pengiriman jawaban sampai dengan hari SABTU, 13 Februari 2021, pukul 15.00.

 

Pilih salah satu alternative jawaban yang paling benar.

1.   Berikut ini yang BUKAN merupakan pengertian lingkungan adalah ....

A. Segala sesuatu yang berada di luar individu

B. Segala sesuatu yang berupa makhluk tak hidup yang ada di sekitar individu

C. Disusun oleh dua komponen utama yaitu komponen biotik dan abiotik

D. Bisa berubah – ubah sesuai dengan kondisi

 

2.   Berikut ini yang merupakan lingkungan biotik adalah :

A. Jamur,air, ikan

B. Ikan, jamur, rumput

C. Sinar matahari, air, tanah

D. Air, udara, tanah


3.   Berikut ini yang merupakan lingkungan abiotik adalah ;

A. Tumbuhan, belalang, bakteri

B. Kambing, rumput, kucing

C. Sinar matahari, tanah, air, udara, suhu

D. Udara, air, tumbuhan

 

4.     Andi menanam 3 buah tanaman yang sama dalam 3 buah pot dengan perlakuan

berbeda;

-Pot A : tidak disiram setiap hari

-Pot B : Disiram setiap hari

-Pot C : Disiram setiap hari dan didalam tanahnya terdapat beberapa ekor cacing

        Menurut pengamatanmu, pot manakah yang tanamannya dapat tumbuh lebih subur?

        A. Pot A
B. Pot B
C. Pot C
D. Semua pot tumbuh subur

 

5.     Jika di kebun terdapat 1 ekor burung, 15 ekor belalang, 6 ekor katak, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu adalah . . . .

A. 1 ekor burung

B. 15 ekor belalang

C. 6 ekor katak

D. sinar matahari

 

6.     Rani mendapat data komponen abiotik dan biotik di halaman sekolahnya sebagai berikut:

(1) Tanah                 (6) Bekicot

(2) Kayu                  (7) Batu

(3) Belalang             (8) Semut

(4) Rumput teki        (9) Alang-alang

(5) Bunga sepatu      (10) Kupu-kupu

Komponen biotik yang dijumpai pada ekosistem halaman sekolah adalah … .

A. (1), (2) dan (7)

B. (2), (4) dan (7)

C. (3), (5), dan (6)

D. (1), (3) dan (7)

 

7.     Sekumpulan makhluk hidup yang sejenis pada suatu lingkungan disebut....

A. Komunitas

B. Biosfer

C. Habitat

D. Populasi


8.     Tiga orang peserta didik bernama Ariel, Bunga dan Citra melakukan percobaan untuk mengetahui apakah terjadi saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik.

Berikut adalah alat dan bahan yang mereka siapkan beserta cara kerjanya.

Alat dan Bahan:

-          Pot tanaman 3 buah berlabel A, B, C

-          Media tanam (Tanah subur)

-          Tiga tanaman yang sama

-          Cacing tanah

-          Air

Cara kerja:

1)     Tanam tanaman tersebut pada ketiga pot A, B, C sampai mencapai ukuran tinggi tertentu.

2)     Beri perlakuan yang berbeda selama 1 minggu.

 

A.    Pot A tidak disiram air selama 1 minggu.

B.    Pot B disiram air secukupnya setiap hari.

C.    Pot C diberikan cacing dan disiram secukupnya setiap hari.

 

Setelah pengamatan selama satu minggu, maka pengaruh adanya saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik paling terlihat pada ...

A.    Pot A

B.    Pot B

C.    Pot C

D.    Ketiganya, karena menunjukkan pengaruh yang sama

 

9.     Kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan yang dilakukan Ariel, Bunga dan Citra tersebut adalah ...

A.    Dalam suatu ekosistem, komponen abiotik tidak selalu berpengaruh pada lingkungannya, namun komponen biotik selalu berpengaruh pada komponen abiotik.

B.    Dalam suatu ekosistem, komponen abiotik selalu berpengaruh pada lingkungannya, namun komponen biotik tidak selalu berpengaruh pada komponen abiotic

C.    Dalam suatu ekosistem, komponen abiotik sangat berpengaruh pada komponen biotik, namun komponen biotik tidak berpengaruh pada komponen abiotik.

D.    Dalam suatu ekosistem, komponen abiotik sangat berpengaruh pada komponen biotik, sebaliknya komponen biotik pun sangat berpengaruh pada komponen abiotik.

 

 

Untuk menjawab soal nomor 10 dan 11 bacalah teks di bawah!

Di perkebunan singkong milik Pak Bono ternyata hidup hewan lain yang memanfaatkan ekosistem kebun singkong sebagai tempat hidupnya. Di kebun singkong itu hidup populasi katak, populasi belalang, dan populasi ular. Interaksi di dalam perkebunan singkong menjalin hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dan yang lainnya. Para pekerja perkebunan yang  memeriksa kebun singkong setiap hari menganggap belalang sebagai hama dan sangat mengganggu, sehingga para pekerja perkebunan membasmi belalang dengan sejumlah pestisida untuk menjaga perkebunan tetap aman dari hama.

10.   Terjadi hubungan saling ketergantungan di perkebunan singkong milik Pak Bono, salah satu perpindahan energi dapat terjadi dari ...

A. Rumput – belalang – katak – ular

B. Rumput – belalang – katak – ular – pekerja perkebunan

C. Tanaman singkong – belalang – katak – ular

D. Matahari – tanaman singkong – belalang – katak – ular– pekerja perkebunan

 

11.   Jika belalang dibasmi karena mengganggu pertumbuhan tanaman singkong, maka masalah yang akan timbul pada rantai makanan di perkebunan singkong adalah ...

A. Populasi katak meningkat

B. Daun singkong semakin habis

C. Populasi katak menurun

D. Populasi ular meningkat

 

12.   Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :

1) ikan karnivora

2) bakteri pengurai

3) Fitoplankton

4) ikan herbivore

5) zat-zat organic

dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya adalah . . .

A. 2, 5, 3, 4, dan 1

B. 5, 3, 4, 1, dan 2

C. 3, 4, 1, 5, dan 2

D. 5, 3, 4, 2, dan 1

 

13.   Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut.




Apabila semua elang pada jaring-jaring makanan tersebut mati akibat dibunuh oleh

pemburu, yang terjadi pada ekosistem adalah ...

A. Populasi burung kecil meningkat

B. Populasi katak menurun

C. Populasi ular meningkat

D. Populasi ular menurun

14.   Tumbuhan tali putri hidupnya harus pada tanaman lain atau inang. Lama kelamaan, tanaman inang ini akan mati karena tanaman tali putri ini hidupnya dengan cara simbiosis …

A. parasitisme

B. mutualisme

C. komensalisme

D. netralisme

 

15.   Apabila Ananda menanam pohon anggrek pada pohon mangga, maka yang terjadi adalah pohon mangga tidak terganggu dan juga tidak diuntungkan karena tanaman anggrek hidupnya dengan cara simbiosis …

A. netralisme

B. parasitisme

C. mutualisme

D. komensalisme

 

16.   Perubahan jumlah populasi makhluk hidup dalam suatu ekosistem dinamakan….

A. interaksi makhluk hidup

B. rantai makanan

C. dinamika populasi

D. arus energi

 

17.   Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika populasi, kecuali ….

        A. interaksi predasi

        B. interaksi kompetisi

        C. interaksi symbiosis mutualisme

        D. penebangan liar

 

18.   Dalam ekosistem sawah burung hantu merupakan predator alami dari tikus sawah. Jika burung hantu musnah karena diburu manusia, dinamika populasi yang terjadi pada ekosistem sawah tersebut adalah ….

        A. populasi tikus meningkat

        B. populasi tikus menurun

        C. populasi padi turun

        D. populasi padi tidak berubah.

 

19.   Menurut penelitian jenis kelamin penyu Loggerhead ditentukan oleh suhu sekitar lingkungannya. Semakin panas suhu pasir yang menjadi sarang penyu Loggerhead memungkinkan telur yang akan menetas berjenis kelamin betina. Apa yang terjadi dengan populasi penyu Loggerhead di kemudian hari jika suhu permukaan bumi semakin meningkat  karena global warming?

        A. semakin banyak penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.

        B. semakin sedikit penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.

        C. semakin sedikit penyu berjenis kelamin jantan yang menetas.

        D. populasi penyu baik jantan maupun betina semakin meningkat.

  

20.   Berikut ini beberapa makhluk hidup dalam sebuah ekosistem ....

1. ayam                          3. elang

2. padi                           4. belalang

Urutan rantai makanan yang dapat terjadi pada makhluk hidup tersebut adalah ....

A. 2 -3 - 4 - 1

B. 2 - 4 - 3 - 1

C. 2 - 4 - 1 - 3

D. 3 - 2 - 4 - 1 


   

No comments:

Post a Comment