Beranda

Tuesday, 2 February 2021

Evaluasi Pembelajaran MAKLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA (BAGIAN 1: Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya)

 

    Untuk mengetahui sejauhmana pemahaman kalian tentang materi kali ini silakan kalian ikuti dan kerjakan kegiatan berikut ini.

 

A. Diskusi

 

     Jika ada ada materi yang belum jelas silakan kalian ajukan pertanyaan di Grup PJJ IPA Kelas 7 dengan menggunakan bahasa Indonesia  yang baik dan benar. Ajukan pertanyaan secara sopan. Setelah pertanyaan diunggah di Grup, silakan yang lainnya untuk menjawab. Jangan takut salah. Jawab pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan. Setiap yang bertanya atau menjawab akan mendapat nilai.  Diskusi dilaksanakan pada saat jadwal PJJ IPA dengan waktu 1 jam pelajaran.

 

 

B. Latihan Soal

     Jawab soal-soal berikut (Tulis jawabannya saja), kemudian kirim jawabannya ke WA (08122319268) hari ini, Rabu, 3 Februari 2021 sebelum pukul 14.30


    1. Perhatikan gambar di bawah ini.



    Sebutkan 5 komponen biotik dan 5 komponen abiotic dari gambar di atas. 

    2.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan individu, populasi, komunitas, ekosistem dan bioma?

    3.   Sebutkan 3 pola interaksi symbiosis, jelaskan dan berikan masing-masing contohnya.  


C. Tugas Mandiri

Kerjakan soal tugas mandiri ini pada buku/lembar kertas kemudian foto dan hasilnya kirim ke WA (08122319268) jangan di Grup PJJ IPA. Batas pengiriman jawaban sampai dengan hari SABTU, 03 Februari 2021, pukul 15.00.


1. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan di bawah ini. Jaring-jaring makanan tersebut terdiri dari beberapa rantai makanan. Misalnya : Rantai makanan 1: sawi à belalang à katak à elang.



Silakan kalian tuliskan 3 rantai makanan lainnya dari gambar di atas.


 

 2. Perhatikan gambar rantai makanan pada ekosistim sawah berikut ini.


Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu

contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga. Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

 

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

a.     Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.

b.    Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

c.     Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, apa yang terjadi dengan populasi katak dan burung elang?


No comments:

Post a Comment